STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK UMKM SALAKU UNTUK MENARIK MINAT BELI KONSUMEN DI ERA PANDEMI COVID-19
Abstrak
Pandemi Covid-19 tidak sedikit menyebabkan pada pelaku usaha mengalami penurunan dalam
pencapaian omzetnya dari pendapatan biasanya seperti UMKM yang bergerak dibidang fashion,
kuliner, dsb. Hal tersebut terjadi karena berkurangnya aktivitas diluar rumah, kesulitan dalam
memperoleh bahan baku, keterbatasan transportasi, serta menurunnya kepercayaan dari konsumen
terhadap suatu produk. Fokus penelitian ini adalah pada produk UMKM yang bergerak dibidang
kuliner yaitu Produk UMKM SALAKU. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kualitatif
dengan cara mengamati, wawancara dan dokumen yang diambil dari pengusaha, penjual, pembali
dan calon pembeli. Hasilnya ditemukan strategi pemasaran UMKM SALAKU di saat situasi
Pandemi Covid-19 yang tepat dengan memberikan rasa dan kualitas dari produk sesuai dengan
kebutuhan konsumen, memberikan harga yang terjangkau, dan melakukan promosi melalui media
sosial.