STRATEGI PERUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA KARYAWAN SELAMA MASA PANDEMI DI RSUPN DR. CIPTO MANGUNKUSUMO

Penulis

  • Hardianawati Institut Bisnis dan Multimedia asmi
  • Bernadette Fonda Menzayanti Harianja Institut Bisnis dan Multimedia asmi
  • Mardi Siswoyo Institut Bisnis dan Multimedia asmi

Kata Kunci:

Strategi, Kinerja karyawan, Remunerasi

Abstrak

Di awal tahun 2020, Indonesia menjadi salah satu negara terdampak pandemi COVID-19.
RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, ditantang untuk mempertahankan, sekaligus meningkatkan,
pelayanannya terhadap masyarakat. Seluruh karyawan diharapkan bekerja penuh dengan
beradaptasi terhadap sistem kerja terbaru sesuai dengan arahan manajemen SDM. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan selama masa
pandemi di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dengan metode analisis SWOT deskriptif. Penelitian
ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi pribadi
dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dijabarkan dalam bentuk deskriptif.
Subjek penelitian ini yaitu, pimpinan dan karyawan RSCM, sedangkan objek penelitian ini adalah
Kepala Bagian Sumber Daya Manusia, Kepala Instalasi Implementasi Budaya dan Human Capital,
dan Kepala Subintalasi Bagian Sumber Daya Manusia. Hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi
yang digunakan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dalam upaya meningkatkan kinerja
karyawannya selama pandemi yaitu dengan pemberian reward (penghargaan) terhadap karyawan
yang mampu memberikan hasil kerja sesuai atau diatas standar yang ditentukan berupa remunerasi

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-04 — Diperbaharui pada 2025-03-04

Versi