STRATEGI PERUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA KARYAWAN SELAMA MASA PANDEMI DI RSUPN DR. CIPTO MANGUNKUSUMO
Kata Kunci:
Strategi, Kinerja karyawan, RemunerasiAbstrak
Di awal tahun 2020, Indonesia menjadi salah satu negara terdampak pandemi COVID-19.
RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, ditantang untuk mempertahankan, sekaligus meningkatkan,
pelayanannya terhadap masyarakat. Seluruh karyawan diharapkan bekerja penuh dengan
beradaptasi terhadap sistem kerja terbaru sesuai dengan arahan manajemen SDM. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan selama masa
pandemi di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dengan metode analisis SWOT deskriptif. Penelitian
ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi pribadi
dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dijabarkan dalam bentuk deskriptif.
Subjek penelitian ini yaitu, pimpinan dan karyawan RSCM, sedangkan objek penelitian ini adalah
Kepala Bagian Sumber Daya Manusia, Kepala Instalasi Implementasi Budaya dan Human Capital,
dan Kepala Subintalasi Bagian Sumber Daya Manusia. Hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi
yang digunakan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dalam upaya meningkatkan kinerja
karyawannya selama pandemi yaitu dengan pemberian reward (penghargaan) terhadap karyawan
yang mampu memberikan hasil kerja sesuai atau diatas standar yang ditentukan berupa remunerasi
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2025-03-04 (3)
- 2025-03-04 (2)
- 2025-03-04 (1)